Sabtu, 30 Maret 2013

Perayaan 1 Suro kaweruh Jendra Hayuningrat bag 2



Tempat-tempat terkenal yang dipakai untuk tirakatan 1 Suro 
Desa Pantaran, 16 km sebelah utara Boyolali, dilereng timur Gunung Merbabu.
Dinginnya udara malam dan dinginnya air sungai Sipendok yang bagaikan es, tidak menyurutkan minat para peziarah untuk mandi disungai tersebut.
Sesuai kebiasaan di Pantaran, para peziarah mandi berendam disungai dengan memegangi sebuah lilin yang dinyalakan, mereka baru naik sesudah lilin itu habis. Sesudah itu , mereka meneruskan tirakatan dipinggir kali sampai pagi.
Pantaran adalah pertapaan yang terkenal, yang dulu sering dipakai bertapa keluarga Kerajaan Pengging termasuk Jaka Tingkir pada masa mudanya. Jaka Tingkir dinobatkan menjadi Raja Kerajaan Pajang dengan gelar Sultan Hadiwijaya.

Gunung Merapi

Penduduk desa Selo yang terletak dilereng utara Gunung Merapi, setiap malam 1 Suro mengadakan ritual sesaji sedekah gunung untuk memperingati 1 Suro. Sesajinya antara lain berupa kepala kerbau yang ditanam dipuncak Gunung Merapi, tetapi bila cuaca buruk dan gunung sedang gawat, cukup ditanam disuatu tempat yang disebut Pasar Bubrah.

Gunung Merbabu
Pada malam 1 Suro, penduduk yang tinggal dilereng utara Gunung Merbabu melakukan sedekah tradisional didekat Kawah gunung.

Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro

Gunung-gunung ini terletak di Temanggung dan Wonosobo di Jawa Tengah. Warga setempat yang tinggal dilereng-lereng gunung Sumbing dan Sindoro pada malam 1 Suro mendaki kepuncak-puncak gunung tersebut yang tingginya lebih dari 3000 m diatas laut. Mereka berada dipuncak sampai matahari terbit. Ini sudah menjadi tradisi turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu.


Tidak ada komentar: