Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. pada ulasan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang tips bagaimana membuat surat lamaran kerja dengan benar. Karena Surat Lamaran Kerja merupakan langkah awal (entry point) untuk anda dalam mengikuti ujian seleksi kerja. Coba bayangkan ada banyak puluhan, ratusan atau bahkan ribuan surat lamaran kerja
yang masuk ke HRD, Fakta yang mesti anda ketahui bahwa tidak butuh
waktu lama untuk HRD melihat surat lamaran kerja anda layak apa tidak ,
dan Bisa dipastikan +/- 20% Lamaran yang masuk ke HRD langsung ditolak
(Rejected) . Banyak faktor penyebab surat lamaran kerja Anda ditolak ,
salah satunya adalah bahasa yang digunakan serta tidak sesuainya posisi
yang dilamar dengan posisi yang di butuhkan perusahaa.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
1. Gunakan bahasa yang formal
Berbeda dalam keseharian kita, dalam dunia kerja kita dituntut untuk
profesional baik itu dalam tindakan mapun dalam bertutur kata.
Menggunakan bahasa yang formal dalam surat lamaran kerja dapat dijadikan
sebuah penilaian seorang HRD kepada Anda secara profesionalisme.
2. Hindari kesalahan dalam pengejaan dan penulisan kata
Pengejaan dan penulisan kata-kata dalam surat lamaran kerja jika
dilihat dari instristiknya merupakan hal yang sepele, namun dampak dari
kesalah ejaan dan penulisan dalam surat lamaran kerja dapat berakibat
fatal terhadap kemungkinan surat lamaran Anda diterima. Bagian HRD dapat
menilai hal tersebut jika didalam surat lamaran kerja Anda terdapat
kesalahan dalam ejaan serta penulisan kata, mereka dapat berkesimpulan
bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, tidak teliti dan hati-hati.
3. Tulis dengan singkat, padat, informatif, dan bersifat menjual
Pada poin ketiga ini sangat sering orang mengabaikannya “manjual”.
Surat lamaran kerja haruslah ditulis dengan seefesien dan semaksimal
mungkin serta informatif. Disamping itu kita harus “menjual diri”,
artinya sampaikan dalam surat lamaran kerja yang Anda buat skil serta
keahlian yang Anda miliki sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jangan
untarakan skil dan kemampuan Anda yang tidak ada hubungannya dengan
posisi yang Anda lamar. Misalnya posisi yang Anda lamar adalah sebagai
Internal Auditor, utarakan skil dan kemampuan Anda yang ada hubungannya
dengan internal auditor jangan mengutarakan selain diluar itu, hal ini
akan sia-sia dan bertele-tele.
4. Tujukkan keprofesionalan Anda
Artinya hindari hal-hal berikut ini :
- Jangan bertele-tele
- Bahasanya jangan sok gaul
- Bahasanya jangan sok akrab
- Jika tidak diminta, jangan tuliskan besarnya gaji yang Anda harapkan
5. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan serta nama Anda
Itulah tips terpenting yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, Untuk contohnya saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang efesien sesuai dengan tips yang saya sebutkan diatas.
Mohon maaf, ini sekedar pemberitahuan. Untuk
mendukung para pembaca ataupun siswa Jendra yang akan mengikuti test psikotest,
ujian masuk CPNS, ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri, kenaikan pangkat
dll. Penulis memberikan peluang kepada para calon peserta test, agar di
mudahkan jalannya dalam meraih semua cita-citanya. Untuk itu sudilah kiranya
mengirimkan sedekah sekedernya ke nomer rek BCA : 2000298649 a/n Budi Siswanto
atau rek BRI 087201005964509 a/n Yohanis Permadi, sebagai pengganti materi atas
kebutuhan kami dalam menjalankan spiritual, lalu komfrim lewat sms
(081335898139) / Email (budisiswantopolowiwi@gmail.com), dengan format = Nama :
(lengkap, ejaan original), Tgl lahir, Weton : Hari dan Pasaran, Jumlah dana
sedekah yang di Transfer : sisipkan nomer unik 3 angka terakhir no HP Anda (
contoh Rp 100.000,- akan menjadi Rp 100.139,-).
Dengan demikian kami akan mengadakan
meditasi bersama yang akan dijalankan oleh guru-guru Jendra Hayuningrat yang
tergabung dalam Paguyuban Puri Asih, agar energy pencerahan yang kami terima,
dapat kami salurkan ke dalam kehidupan anda dan energy alam semesta itu akan
merubah hidup anda penuh dengan keajaiban ( Menjadi magnet uang, berdagang jadi
laris, mudah dalam mencari jodoh, mudah naik pangkat dan lancar disemua bidang
usaha dll.)
Sebelum beranjak dari halaman ini, saya sangat senang
sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk memberi Like dan Share serta G+1 pada artikel ini, dengan demikian artikel ini juga
dapat dibaca oleh sahabat, teman dan orang terdekat Anda serta orang yang
membutuhkannya. Terimakasih sebelumnya dan saya ucapkan sukses selalu untuk
Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar