Kamis, 09 Mei 2013

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.  pada ulasan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang tips bagaimana membuat surat lamaran kerja dengan benar. Karena Surat Lamaran Kerja merupakan langkah awal (entry point) untuk anda dalam mengikuti ujian seleksi kerja. Coba bayangkan ada banyak puluhan, ratusan atau bahkan ribuan surat lamaran kerja yang masuk ke HRD, Fakta yang mesti anda ketahui bahwa tidak butuh waktu lama untuk HRD melihat surat lamaran kerja anda layak apa tidak , dan Bisa dipastikan +/- 20% Lamaran yang masuk ke HRD langsung ditolak (Rejected) . Banyak faktor penyebab surat lamaran kerja Anda ditolak , salah satunya adalah bahasa yang digunakan serta tidak sesuainya posisi yang dilamar dengan posisi yang di butuhkan perusahaa.

tips membuat surat lamaran kerjaSurat lamaran yang baik tentunya memiliki isi yang berkesinambungan. Bila anda mencantumkan posisi yang anda kehendaki, tunjukkan jati diri anda. Jangan sampai perekrut menilai anda plin-plan setelah membaca surat lamaran anda. Jadikan surat lamaran kerja Anda berisfat menjual, artinya cantumkan skil serta kemampuan yang Anda miliki, sehingga orang HRD yang membaca surat lamaran menjadi tertarik dengan Anda. Berikut adalah tips yang dapat saya sampaikan kepada Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif dan berkualitas.

 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

1. Gunakan bahasa yang formal

Berbeda dalam keseharian kita, dalam dunia kerja kita dituntut untuk profesional baik itu dalam tindakan mapun dalam bertutur kata. Menggunakan bahasa yang formal dalam surat lamaran kerja dapat dijadikan sebuah penilaian seorang HRD kepada Anda secara profesionalisme.

2. Hindari kesalahan dalam pengejaan dan penulisan kata

Pengejaan dan penulisan kata-kata dalam surat lamaran kerja jika dilihat dari instristiknya merupakan hal yang sepele, namun dampak dari kesalah ejaan dan penulisan dalam surat lamaran kerja dapat berakibat fatal terhadap kemungkinan surat lamaran Anda diterima. Bagian HRD dapat menilai hal tersebut jika didalam surat lamaran kerja Anda terdapat kesalahan dalam ejaan serta penulisan kata, mereka dapat berkesimpulan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, tidak teliti dan hati-hati.


3. Tulis dengan singkat, padat, informatif, dan bersifat menjual

Pada poin ketiga ini sangat sering orang mengabaikannya “manjual”. Surat lamaran kerja haruslah ditulis dengan seefesien dan semaksimal mungkin serta informatif. Disamping itu kita harus “menjual diri”, artinya sampaikan dalam surat lamaran kerja yang Anda buat skil serta keahlian yang Anda miliki sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jangan untarakan skil dan kemampuan Anda yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya posisi yang Anda lamar adalah sebagai Internal Auditor, utarakan skil dan kemampuan Anda yang ada hubungannya dengan internal auditor jangan mengutarakan selain diluar itu, hal ini akan sia-sia dan bertele-tele.

4. Tujukkan keprofesionalan Anda

Artinya hindari hal-hal berikut ini :
  • Jangan bertele-tele
  • Bahasanya jangan sok gaul
  • Bahasanya jangan sok akrab
  • Jika tidak diminta, jangan tuliskan besarnya gaji yang Anda harapkan
5. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan serta nama Anda
Itulah tips terpenting yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, Untuk contohnya saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang efesien sesuai dengan tips yang saya sebutkan diatas.

Mohon maaf, ini sekedar pemberitahuan. Untuk mendukung para pembaca ataupun siswa Jendra yang akan mengikuti test psikotest, ujian masuk CPNS, ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri, kenaikan pangkat  dll. Penulis memberikan peluang kepada para calon peserta test, agar di mudahkan jalannya dalam meraih semua cita-citanya. Untuk itu sudilah kiranya mengirimkan sedekah sekedernya ke nomer rek BCA : 2000298649 a/n Budi Siswanto atau rek BRI 087201005964509 a/n Yohanis Permadi, sebagai pengganti materi atas kebutuhan kami dalam menjalankan spiritual, lalu komfrim lewat sms (081335898139) / Email (budisiswantopolowiwi@gmail.com), dengan format = Nama : (lengkap, ejaan original), Tgl lahir, Weton : Hari dan Pasaran, Jumlah dana sedekah yang di Transfer : sisipkan nomer unik 3 angka terakhir no HP Anda ( contoh Rp 100.000,- akan  menjadi Rp 100.139,-).

Dengan demikian kami  akan mengadakan meditasi bersama yang akan dijalankan oleh guru-guru Jendra Hayuningrat yang tergabung dalam Paguyuban Puri Asih, agar energy pencerahan yang kami terima, dapat kami salurkan ke dalam kehidupan anda dan energy alam semesta itu akan merubah hidup anda penuh dengan keajaiban ( Menjadi magnet uang, berdagang jadi laris, mudah dalam mencari jodoh, mudah naik pangkat dan lancar disemua bidang usaha dll.)


Sebelum beranjak dari halaman ini, saya sangat senang sekali jika Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk memberi Like dan Share serta G+1 pada artikel ini, dengan demikian artikel ini juga dapat dibaca oleh sahabat, teman dan orang terdekat Anda serta orang yang membutuhkannya. Terimakasih sebelumnya dan saya ucapkan sukses selalu untuk Anda.

 

Tidak ada komentar: